Ponsel Lemot, Panas, dan Boros Baterai? Awas, Ini Penyebabnya!

Ponsel Lemot, Panas, dan Boros Baterai? Awas, Ini Penyebabnya! - Mungkin anda sempat alami hp yang mendadak lemot, panas, atau baterainya mendadak jadi boros. Hal tersebut ialah salah satunya sinyal bila hp itu jadi korban cryptojacking. Apakah itu?

Ponsel Lemot, Panas, dan Boros Baterai? Awas, Ini Penyebabnya!


Cryptojacking ialah satu pembajakan piranti serta diam-diam membuatnya menjadi penambang cryptocurrency. Proses ini sebenarnya memerlukan potensi komputasi yang tinggi sekali, serta jelas tidak dapat dikerjakan oleh hp.

Akan tetapi dalam hal seperti ini, si pembajak pasti tidak hanya bajak satu hp, tetapi banyak sekali hp serta memadukan kemampuan komputasinya supaya penambangannya dapat membuahkan, demikian diambil detikINET dari Phone Ajang, Senin (3/9/2018).

Pembajakan ini dikerjakan dengan menyusupkan malware ke hp. Beberapa periset di ESET belakangan ini temukan satu game bernama Bug Swasher, yang telah didownload lebih dari satu juta kali dari Play Store, nyatanya menambang cryptocurrency tiada sepengetahuan pemakai hp yang meng-install game itu ke ponselnya.

Juli lantas, Google juga menginformasikan jika mereka telah meniadakan semua aplikasi penambang cryptocurrency dari Play Store. Akan tetapi kelihatannya Google juga tidak tahu aplikasi manakah yang memiliki kandungan Trojan Horse yang menyusupkan malware cryptojacking ke hp Android.

Membuat perlindungan hp dari pembajakan semacam ini, pakar keamanan cyber bernama Laurent Petroque menyebutkan pemakai Android mesti pastikan mereka menggunakan OS paling baru yang ada untuk ponselnya, menempatkan aplikasi antivirus, dan jangan sampai meng-install aplikasi dari sumber yang tidak jelas.

Belum ada Komentar untuk "Ponsel Lemot, Panas, dan Boros Baterai? Awas, Ini Penyebabnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel