Minggu, 31 Mei 2015

10.000 Data Rahasia Perusahaan Israel dan AS Berhasil Dicuri Hacker

10.000 Data Rahasia Perusahaan Israel dan AS Berhasil Dicuri Hacker10.000 Data Rahasia Perusahaan Israel dan AS Berhasil Dicuri Hacker - Kaspersky Lab temukan serangan spionase cyber teranyar bertujuan usaha, Grabit, yang mengambil seputar 10. 000 file dari perusahaan asal Thailand, India, serta Amerika Serikat (AS).

Daftar tujuan Grabit ini mencakup bidang industri kimia, nanoteknologi, pendidikan, pertanian, media, konstruksi serta banyak yang lain. Negara-negara lain yang terserang efeknya yaitu Uni Emirat Arab (UEA), Jerman, Israel, Kanada, Perancis, Austria, Sri Lanka, Chili serta Belgia.

" Kami lihat banyak serangan spionase yang fokus pada perusahaan, organisasi pemerintah serta entitas profil utama yang lain, sedang usaha kecil serta menengah tidak sering tampak dalam daftar tujuan, " kata Ido Noar, Senior Security Researcher, Global Research & Analysis Team.

Noar menuturkan bahwa Grabit masih tetap aktif serta sangat utama untuk mengecek jaringan serta meyakinkan Anda aman. Pada 15 Mei 2015, keylogger Grabit yang simpel diketemukan mempunyai beberapa ribu kredensial account korban dari beberapa ratus system yang terinfeksi.

" Ancaman ini tak bisa dikira sepele, " tegas Noar lewat info resminya, Minggu (31/5/2015).

Infeksi diawali saat seseorang pemakai dalam suatu organisasi usaha terima e-mail dengan lampiran yang nampaknya seperti file Microsoft Office Word (. doc).

Pemakai mengklik untuk men-download serta program spionase lalu di kirim ke mesin dari server jarak jauh yang sudah diretas oleh beberapa penyerang yang melakukan tindakan juga sebagai hub malware.

Beberapa hacker mengontrol korban-korban mereka memakai Hawkeye keylogger, alat mata-mata komersial dari HawkEye Products, serta modul konfigurasi diisi beberapa Remote Administration Tools (RATs).

Untuk melukiskan taraf operasi Grabit, Kaspersky Lab mengungkap bahwa suatu keylogger di salah satu server command-and-control dapat mengambil 2. 887 sandi, 1053 e-mail serta 3023 username dari 4928 host yang tidak sama internal serta eksternal.

Juga termasuk juga Outlook, Facebook, Skype, Google mail, Pinterest, Yahoo, LinkedIn serta Twitter, dan rekening bank dan sebagainya.


EmoticonEmoticon