Rabu, 04 Februari 2015

Cara Mengetahui Ponsel Anda Disadap

Cara Mengetahui Ponsel Anda DisadapCara Mengetahui Ponsel Anda Disadap - Pelaku penyadapan mempunyai beragam langkah untuk tahu data utama ataupun isi pembicaraan hp pemakai. Ketua Instansi Penelitian Keamanan Cyber serta Komunikasi (CISSReC) Pratama Persadha menuturkan bahwa lakukan penyadapan tidaklah susah.

Masalah penyadapan selalu berlanjut, sebelumnya setelah Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengakui disadap KPK, saat ini anggota tim 9 Nurcholis juga mengakui tengah disadap. Ramai-ramai kabar berita penyadapan bikin kita ajukan pertanyaan, seperti apa sesungguhnya penyadapan itu.

“Prinsipnya seluruhnya yang melalui jalur komunikasi dapat disadap. Dengan ketersediaan alat, tehnologi serta system, lakukan penyadapan lebih gampang dari memasak mi instan, ” tutur Pratama Persadha, Ketua Instansi Penelitian CISSReC, Ahli Keamanan Cyber serta Komunikasi lewat info resmi pada Okezone.

Diterangkan Pratama, penyadapan dapat dikerjakan dengan cara-cara, mulai dari cara yang pasif hingga aktif. ‎Penyadapan pasif dikerjakan dengan mengambil informasi dari Base Transceiver Station (BTS) punya provider.

“Dengan intersep segera ke BTS, penyadap dapat mengambil seluruhnya info, baik SMS, Voice hingga data. Ini dikerjakan tanpa ada mesti lakukan penetrasi ke handphone tujuan sadapan. Penyadapan pasif seperti ini tak dapat dideteksi, lantaran tak merubah info apa pun, ” terang pria kelahiran Cepu ini.

Ada pula penyadapan yang dikerjakan institusi resmi dengan menggandeng provider. “Penyadapan dengan menggandeng provider nyaris tidak mungkin di ketahui. Lantaran kita akan tidak rasakan apa pun. Baik telephone ataupun SMS bakal jalan normal seperti umum. Lantaran info diperoleh penyadap segera dari provider, " tutur Pratama.

Disamping itu, penyadapan aktif dikerjakan dengan memakai pertolongan BTS buatan atau BTS semu. BTS semu ini berperan mencegat sms, data ataupun voice lewat OTA (on the air) saat sebelum menuju BTS asli. " Dalam sistem intersep ini, penyadap mungkin memodifikasi pesan, bahkan juga dapat melakukan tindakan juga sebagai pengirim pesan. Jadi ini sangatlah beresiko lantaran dapat manipulasi info, ” jelas bekas ketua tim IT Kepresidenan dari Instansi Sandi Negara ini.

‎Penyadapan aktif dapat juga dikerjakan lewat cara Menempatkan bug ke handphone seorang. " Jenis penyadapan type ini baru dapat di ketahui lewat uji forensik. Kelak bakal di ketahui adakah bug, malware atau trojan didalam handphone tujuan penyadapan. "

Technologi Enkripsi

Pemakai dengan cara tak sadar jadi korban dari penyadapan. Adapun untuk tahu apakah seorang disadap tidaklah gampang. " Untuk tahu ada penyadapan dengan cara OTA (on the air) membutuhkan alat counter surveillance signal detector and spectrum analyzer. Dapat menjangkau frekwensi 20 Khz hingga 24 Ghz. Alat ini dapat mendeteksi tanda yang mencurigakan. Tetapi alat ini sangatlah mahal serta cuma diperjualbelikan untuk lembaga negara, ” kata Pratama Persadha, Ketua Instansi Penelitian CISSReC, Ahli Keamanan Cyber serta Komunikasi lewat info resminya.

‎Demikian juga untuk tahu ada BTS semu juga diperlukan alat spesial yang bernama GSM monitoring. “Dengan GSM monitoring bakal ketahuan, mana saja jati diri BTS asli serta resmi serta BTS semu yang dipakai penyadap, ” imbuhnya.

Pratama mengimbau agar beberapa petinggi kita mawas diri pada penyadapan. Bukanlah untuk hindari KPK, tetapi info yang mereka punyai sangatlah rawan untuk disadap asing serta pihak tak bertanggungjawab. “Solusi hindari penyadapan bukanlah dengan ubah nomer, ubah handphone, ubah IMEI atau menggunakan telefon jadul. Itu seluruhnya akan tidak bermanfaat pada tehnologi penyadapan sekarang ini, ” tuturnya.

“Satu-satunya yang dapat melawan tindakan penyadapan yaitu dengan tehnologi enkripsi serta kriptografi. Tersebut tehnologi antisadap yang paling ampuh. Dengan tehnologi antisadap terutama product dalam negeri, minimum kita dapat melindungi info peka dari sadapan asing serta pihak yg tidak bertanggungjawab, " pungkas Pratama.


EmoticonEmoticon