Kamis, 22 Januari 2015

Cara Mengatasi Smartphone Yang Hilang

Cara Mengatasi Smartphone Yang Hilang

Cara Mengatasi Smartphone Yang Hilang - Semakin meningkatnya jumlah pencurian piranti mobile (baca Survey : Pencurian Piranti Mobile Bertambah) sudah tingkatkan resiko kehilangan bermacam data utama pemakai serta perusahaan. Karenanya, waktu alami kehilangan piranti mobile, jangan sampai cemas. Tetapi, cepatlah kerjakan banyak hal di bawah ini :

1. Hubungi nomer smartphone yang hilang.

Pakai piranti lain untuk coba menelpon nomer di smartphone yang hilang. Cobalah simak sekitar lingkungan Anda serta periksalah apakah Anda mendengar dering piranti yang hilang itu? Bila tak ada, cobalah kirim SMS ke nomer itu yang diisi keinginan pada sang penemu untuk mengembalikannya dengan tawaran imbalan spesifik. Bila mujur, piranti Anda bakal kembali dalam situasi utuh. Tetapi bila tak, coba untuk mengingat dimana Anda menempatkan piranti itu paling akhir kalinya.

2. Hubungi operator.

Bila langkah pertama gagal, Anda mesti menghubungi operator seluler. Anda dapat menginformasikan pada operator bahwa telephone Anda sudah hilang atau dicuri. Anda dapat meminta operator untuk memblokir nomer Anda hingga nomer ini tak dapat digunakan. Langkah ini bermanfaat untuk menghindar pencuri memakai nomer Anda untuk menelpon atau beraktivitas lain yang dapat merugikan Anda.

3. Login ke website media sosial.

Sesudah menghubungi operator seluler, Anda juga mesti secepat-cepatnya masuk ke situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter atau website sejenis yang lain untuk ganti password. Maksudnya yaitu agar pencuri piranti Anda tak dapat memakai account media sosial Anda. Bila kerap belanja on-line lewat piranti mobile, Anda juga baiknya selekasnya menghubungi bank Anda untuk memblokir transaksi apapun lewat piranti mobile Anda, terutama lewat sms banking atau mobile banking.

4. Kerjakan remote wiping/remote locking.

Pakai perkakas yang ada dalam piranti mobile, seperti Find My iPhone (untuk iPhone/iPad), BlackBerry Protect (untuk Blackberry), atau Android Piranti Manager (untuk Android) untuk meniadakan data utama dengan cara remote. Bila sangat mungkin, kerjakan juga penguncian piranti mobile Anda dengan cara remote hingga piranti itu tak dapat dibuka oleh pencuri.

Nah, untuk menghadapi atau juga sebagai langkah preventif saat sebelum piranti mobile Anda hilang, janganlah lupa untuk mengamankan peranti Anda dengan beberapa cara di bawah ini.


EmoticonEmoticon