Langsung ke konten utama

Macam - Macam Bahasa Pemrograman Pada Komputer

Macam - Macam Bahasa Pemrograman Pada Komputer
Macam - Macam Bahasa Pemrograman Pada Komputer - Bahasa Pemrograman - Fitur lunak bhs pemrograman (language software) adalah program yang dimanfaatkan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bhs program ke bhs mesin (machine languange), makanya bisa di terima serta dipahami oleh pc. Jika languange software tak ada, jadi pembuat program mesti menulis programnya segera dengan bhs mesin yang berupa bilangan-bilangan binary. Satu instruksi program yang ditulis dalam bhs mesin bisa berupa seperti 000100110010. Tanpa menyadari makna spesifik dari semasing sisi dari bilangan binary itu dengan cara persis, jadi bakal sangatlah susah untuk mengetahui dengan benar arti dari instruksi itu. 
Instruksi yang berupa bilangan binary dimaksud dengan obyek code. Sedangkan himpunan dari instruksi-instruksi yang membuat satu program dalam bhs mesin dimaksud dengan obyek program. Masing-masing instruksi obyek code terbagi dalam operation code (op code) serta open and. Penulisan program dengan bhs mesin dirasa terlampau susah serta konsumsi banyak saat, jadi di kembangkan languange software juga sebagai alternatif penulisan program yang lebih gampang. Penerjemah bhs pemrograman dibedakan jadi 3 (tiga) jenis, yakni assembler, kompiler, serta interpreter
  1. Asembler yaitu program yang dimanfaatkan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bhs rakitan (assembly) ke bhs mesin. 
  2. Kompiler yaitu program penerjemah yang mengonversi seluruhnya kode sumber tidak cuman dalam bhs rakitan jadi kode objek. Hasil bersifat kode objek inilah yang bisa digerakkan oleh pc. Sistem untuk lakukan penerjemahan ini umum dimaksud gabungan.  
  3. Intepreter yaitu program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber lalu menggerakkan instruksi yang sudah ditranslate itu. 

Fitur lunak bhs pemrograman (language software) adalah program yang dimanfaatkan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bhs program ke bhs mesin makanya bisa di terima serta dipahami oleh pc. Pada intinya bhs pc bisa dibedakan jadi empat jenis, yakni bhs mesin serta bhs assembly (ke-2 bhs ini termasuk juga bhs tingkat rendah/low level language), bhs tingkat tinggi (high level language), serta bhs generasi ke empat. 

1) Bahasa mesin 

Bahasa mesin termasuk juga ke bhs tingkat rendah (low level language) lantaran karakter dari bhs mesin lebih mengarah pada mesin. Bahasa ini cuma bakal dipahami oleh pc tersebut. Bahasa ini bersifat kode-kode yang terbagi dalam beberapa kumpulan angka yang ada didalam pc yang umumnya diwakili oleh kode angka 1 (satu) serta 0 (0). Kode ini adalah tanda elektronik yang memberi tahu pc apa yang perlu ditangani. Dalam pemakaiannya umumnya intruksi dituliskan berbentuk bhs pemrograman yang bakal di sampaikan ke kompiler, assembler, atau interpreter yang bertugas untuk menerjemahkan bhs pemrograman tadi ke bhs mesin. 
Assembler adalah suatu program. Program ini mengambil info yang dituliskan oleh programmer dalam bhs assembly serta menerjemahkannya ke suatu program yang bisa dieksekusi pc. output assembler mesti diolah oleh linker untuk membuahkan program akhir. 

2) Bahasa assembly 

Bahasa asembly yaitu bhs pemrograman yang memakai bhs rakitan. Bahasa assembly beberapa dimanfaatkan untuk ingindalian hardware yang diwujudkan dalam kependekan kalimat juga sebagai pengganti kode-kode biner, umpamanya JNZ (jump non zero) yang mempunyai arti lompatlah kalau tak samadengan 0. Sambungan dari bhs assembly yaitu suatu program yang bermanfaat untuk mengambil info yang dituliskan oleh seseorang programmer dalam bhs assembly dan menerjemahkannya ke suatu program yang bisa dieksekusi oleh pc, program ini diberi nama assembler. Output assembler mesti diolah oleh linker untuk membuahkan program akhir. 

3) Bahasa tingkat tinggi (high level languange) 

Bahasa tingkat tinggi mempunyai makna bahwa bhs ini lebih gampang dipahami oleh banyak orang-orang lantaran benar-benar didesain untuk orang yang pemula. Bahasa pemrograman yang termasuk juga dalam bhs tingkat tinggi yaitu seperti berikut. 
a) BASIC (Beginners All-purposes Symbolic Instruction Code)Bahasa program ini di kembangkan pada th. 1965 di Darmouth College. Penciptanya yaitu John Kemeny serta Thomas Kurtz. BASIC dipakai dalam aplikasi matematika. Diluar itu, BASIC juga dimanfaatkan dalam sebagian aplikasi yang lain seperti akuntasi, permainan, file simulasi, dan sebagainya.
Kelebihan BASIC terdapat pada keringanan dalam penggunaannya, dan kelemahannya yaitu tak mensupport operasi bilangan kompleks serta perlakuan pada berkas sangatlah terbatas makanya tak pas untuk aplikasi usaha. 

b) LOGO Bahasa ini di kembangkan untuk pendidikan serta simulasi pengajaran pada anak-anak dalam selesaikan permasalahan serta lakukan pemrograman. Diketemukan pada th. 1967 oleh Seymour Papert dengan memakai LISP, yakni satu tipe bhs pemrograman untuk kecerdasan buatan. Logo sangatlah gampang dimanfaatkan untuk bikin gambar, makanya banyak dimanfaatkan dalam membuahkan laporan-laporan usaha berbentuk grafik.

c) COBOL (Common Business Oriented Language)
Program type ini kerap dipakai dalam dunia usaha serta komersial, mulai di kembangkan pada th. 1959. Tetapi hingga sekarang ini, program ini terdapat banyak dipakai pada type computer minicomputer serta mainframe. COBOL punyai keunggulan-keunggulan seperti berikut.
  • Memiliki kode untuk seluruhnya flatform yang sama, hingga tak bergantung pada mesin. 
  • Memakai kalimat bhs Inggris, hingga sangatlah gampang dipahami oleh programmer. 
  • Perlakuan input serta keluaran gampang ditunaikan. 
  • Perlakuan pada berkas telah ada serta bahkan juga mensupport beragam jenis jenis-tipe berkas seperti sekuensial serta indeks. 
Kekurangan dari bhs ini yaitu susunan penulisan program yang sangatlah banyak serta sangatlah kaku hingga bikin programmer jadi penat serta jemu.  

d) PASCAL 
Bahasa ini diketemukan oleh Nicklaus Wirth th. 1971. Bahasa ini di buat untuk pengajaran pemrograman. Bahasa ini sangatlah popular di kelompok mahasiswa pengetahuan computer serta tehnik. Pascal punyai kelebihan dibanding Fortran ataupun Basic, yakni sangatlah gampang dipelajari dan punyai support beberapa fungsi matematika yang sangatlah komplit. Tetapi Pascal juga punyai kekurangan, yakni tidak bisa mensupport operasi bilangan kompleks serta tak mensupport media aplikasi usaha. Kehadiran Pascal dapatlah jadikan bhs basic dalam pembuatan kode piranti lunak Delphi (software untuk pengembangan program di lingkungan Windows). Pascal juga dipakai juga sebagai landasan pembuatan kode pada Kylix, yakni software pengembang program di lingkungan Linux.

e) Fortran (Formula Translator) 
Fortran menjadi bhs tingkat tinggi yang pertama kali di ciptakan. Bahasa ini mulai di kembangkan pada th. 1956 oleh John Backus di IBM. Fortran dipakai dalam sektor aplikasi matematika, yakni dalam soal perumusan serta perhitungan hingga jadi andalan kelebihan dari bhs ini. Tetapi Fortran punyai kekurangan, yakni operasi input serta keluarannya sangatlah kaku serta susah dipahami. Untuk bikin bhs fortran, seseorang programmer tak mesti tahu bhs mesin, namun mesti mengerti tata bhs serta ketetapan bhs fortran. 

f) Algol (Algoritma Language) 
Algol menjadi bhs automatic yang pas untuk memecahkan persoalan yang memerlukan perhitungan numerik untuk sebagian pemrosesan logic. 

g) PL/1 (Programming Language) 
Programming language menjadi bhs computer yang bisa dipakai dalam semua bhs. Sebenarnya bhs ini susah dipelajari serta cuma sanggup dipakai pada mesin IBM. 

h) RPG (Report Program Generation) 
RPG yaitu program untuk pemrosesan laporan. Bahasa ini sangatlah popular di lingkungan minicomputer serta mainframe IBM. RPG di luncurkan pertama kali pada th. 1964. 

i) APL (Aritmathic Programming Language) 
APL yaitu bhs computer untuk memecahkan soal-soal matematika (pengetahuan kalkulasi). Dikenalkan serta di ciptakan oleh Kenneth Iverson pada th. 1962. Bahasa ini memakai keyboard spesial yang berisikan simbol-simbol yang kompleks yang sangat mungkin untuk lakukan penyelesaian matematika yang kompleks. 

4) Bahasa pemrograman generasi keempat 

Bahasa pemrograman generasi ke empat mencakup Microsoft Visual Basic, Visual J++, serta Visual C++ yang di kembangkan dari keluarga besar bhs tingkat tinggi untuk mempermudah pemrograman.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Download Dan Cara Instal UC Browser di Laptop

Cara Instal UC Browser di Laptop - Ada dua cara untuk memperoleh UC browser untuk PC. Pada cara pertama, kita bakal men-download file .exe. ( Download UC Browser untuk semua Os di sini : DOWNLOAD UC BROWSER ). Dari browser UC untuk PC serta meng-install UC browser pada PC dengan file ini.
Dalam cara ke-2 kita bakal memakai suatu emulator android yang menggerakkan aplikasi android pada PC.
Saat ini instal ini file exe. Pada computer windows Anda waktu Anda meng-install piranti lunak lain. Lalu membukanya serta Anda usai. Namun persoalannya yaitu bahwasanya UC browser ini dalam bhs Cina, jadi bagaimana untuk men-download UC browser untuk PC dalam bhs Inggris. Cara 2 untuk men-download UC browser untuk PC dalam bhs Inggris
Untuk men-download UC browser untuk versus PC bhs Inggris, Anda butuh meng-install BlueStacks pada computer Anda. Anda bisa mendownload dari link Bluestacks. Download Bluestacks. Sesudah men-download, meng-install software ini pada PC Anda. Saat ini BlueStacks terbuka s…

Buka Situs Yang Di Blokir Internet Positif 2016

Buka Situs Yang Di Blokir Internet Positif 2016 - Sebelumnya pemblokiran juga pernah dilakukan oleh Nawala dan trik untuk membukanya pun sudah banyak yang tau. Kali ini saya ingin berbagi cara buka situs yang diblokir Internet Positif / cara buka internet positif atau buka internet yang di blokir, buka internet positif, bypass internet positif juga buka block internet positif dan untuk yang sudah pada duluan tau terima kasih sudah mampir ke tempat saya. he.. Mudah - mudahan berguna dan digunakan pada tempatnya :D.
Caranya gampang amit lho... :D
Browsernya saya pakai Mozila Firefox.Terus install addons yang namanya Anonymox, caranya :
Satu :Klik di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/Terus ketik Anonymox pada kotak search nya.Setalah di dapat langsung aja di Add to Firefox.
Dua :Atau cara lebih gampang langsung aja ke http://www.anonymox.net/en/downloadKlik Add to Firefox.Restart Firefoxnya. Selamat menikmati dan terima kasih.


Cara buka internet positif atau buka internet yang dib…

Download UC Browser Untuk Semua OS

Download UC Browser Untuk Semua OS - Bagi yang ingin memiliki atau mendownload UC Browser untuk Android, iOS (iPhone), Windows Phone, Java, Symbian, dan Windows. Berikut raflyilham.blogspot.com mencoba berbagi link download UC Browser untuk Android, iOS (iPhone), Windows Phone, Java, Symbian, dan Windows.
Tentang UC Browser :UC Browser yaitu mobile internet browser paling depan yang ada di kian lebih 150 negara di semua dunia. UC Browser ada untuk seluruhnya basis dengan 11 bhs yang tidak sama.UC Browser mensupport download simultan serta mempunyai download manager yang terorganisir serta gampang dipakai untuk seluruhnya file Anda, termasuk juga halaman untuk membaca off line. " - PC Magazine.UC Browser untuk Android berikan Anda pengalaman searching situs di hp yang cepat serta all-in-one.Browser cerdas ini sesuaikan dengan piranti serta koneksi jaringan untuk sangat mungkin Anda untuk searching lebih cepat, download lebih cepat serta menghemat cost data!
Download UC Browser Untu…