Senin, 08 September 2014

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Tags

Jenis Jenis Jaringan Komputer - Bersamaan perubahan komputer, beberapa jenis jaringan komputer juga mulai beragam. Terdapat banyak jenis type jaringan komputer yang kita kenal saat ini, saya masih tetap ingat dahulu saat saya sekolah SMK cuma ada 3 jaringan komputer yang saya kenal yaitu jaringan LAN, MAN serta WAN. tetapi kelihatannya saat ini telah mulai ada penambahan type jaringan komputer baru.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis - jenis jaringan komputer sekarang :

  • PAN (Personal Area Network)

PAN (Personal Area Network) - Adalah jaringan pada dua atau lebih system komputer yang berjarak tak terlampau jauh. Umumnya Type jaringan yang satu ini cuma berjarak 1 hingga 5 mtr. saja. Type jaringan ini sangatlah kerap kita pakai. umpamanya ketika kita menghubungkan komputer dengan HP, Heandset maupun piranti sejenis yang lain.

  • Local Area Network (LAN)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang kerap dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi serta workstatioan dalam satu kantor satu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk menggunakan sumber daya (resaource, umpamanya printer) dengan cara berbarengan serta sama-sama bertukar info yang masih juga dalam satu ruang. 

  • Metropolitan Area Network (MAN)

MAN (Metropolitan Area Network) - Nyaris sama juga dengan LAN yang disebut versus LAN yang memiliki ukuran semakin besar serta umumnya memakai tehnologi yang sama juga dengan LAN. MAN bisa meliputi kantor- kantor perusahaan yang terdapat berdekatan atau juga suatu kota serta bisa di gunakan untuk kepentingan pribadi (swasta) atau umum. MAN dapat mendukung daya serta nada, bahkan juga bisa terkait dengan jaringan Tv Kabel. umumnya MAN dipakai dalam ruang 1 kota, tidak cuma satu tempat saja. 

  • Wide Area Network (WAN)

WAN (Wide Area Network) - Jaringan WAN adalah jaringan yang meliputi daerah geografis yang lebih luas, kerapkali mancakup suatu negara bahkan juga antar benua. WAN terbagi dalam himpunan mesin- mesin yang mempunyai tujuan utuk menggerakkan Program-program (Aplikasi) pengguna, dapat disebutkan jaringan WAN adalah jaringan internet yang kita kenal sekarang ini. 

  • Wireless ( Jaringan Tanpa Kabel )

Wireless - Jaringan Tanpa ada Kabel (wireless) adalah satu jalan keluar pada komunikasi yg tidak dapat dikerjakan dengan jaringan menggunkan kabel. Sekarang ini jaringan Tanpa ada Kabel atau wireless telah marak di pakai dengan memakai layanan satelit serta dapat berikan kecepatan akses yang lebih cepat di banding dengan jaringan yang memakai kabel. karenanya ada jaringan wireless mempermudah pemakaian user untuk terhubung data yang di idamkan di beberapa tempat yg tidak terjangkau oleh jaringan kabel, contoh telepon seluler.


EmoticonEmoticon