Rabu, 24 September 2014

Internet Indonesia Terancam Down

Tags

Internet Indonesia Terancam Down

Internet Indonesia Terancam Down - Beberapa penyelenggara service internet (internet service provider-ISP) di Indonesia tengah gusar. Pasalnya, mereka tidak ingin dipenjarakan seperti bekas Direktur Paling utama Indosat Mega Media (IM2), Indar Atmanto.

Bukanlah tidak mungkin saja, perusahaan-perusahaan ISP itu hentikan servicenya sekalipun kurun waktu sebagian minggu ke depan. Efeknya, internet di Indonesia dapat mati keseluruhan,

Kegusaran itu berawal dari vonis delapan th. penjara serta denda Rp 300 juta subsider kurungan enam bln. oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang dijatuhkan pada Indar lantaran masalah tuduhan korupsi pengadaan jaringan 2, 1 GHz/3G di PT Indosat.

Indar pernah ajukan kasasi ke MA tetapi tidak diterima serta saat ini ia mesti mendekam di LP Sukamiskin Bandung. MA juga menghukum IM2 dengan membayar duit pengganti Rp 1, 3 triliun.

Sampai kini, IM2, yg tidak mempunyai izin frekuensi 3G, dalam operasinya menyewa bandwidth ke operator Indosat yang sudah mengantongi izin frekuensi 3G.

Jenis usaha sama yang dipakai IM2 serta Indosat juga digunakan oleh beberapa penyedia layanan service internet di Indonesia, yang jumlahnya kian lebih 200 ISP.

Kemenkominfo serta Tubuh Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sendiri telah keluarkan pernyataan serta pembelaan yang menyebutkan bahwa apa yang dikerjakan IM2 serta Indosat tidak menyalahi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Oleh karenanya, beberapa penyelenggara layanan internet, seperti Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi), serta Tubuh Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), cemas bila masalah yang ditimpakan pada Indar itu juga dilayangkan ke mereka.

Mereka juga setuju untuk mempertanyakan status hukum usaha service ISP, seperti yang dikerjakan oleh IM2 serta Indosat pada Mahkamah Agung (MA).

" Dalam minggu ini, kami bakal kirim surat pada Mahkamah Agung untuk meminta fatwa, apakah skema usaha seperti IM2 serta Indosat itu menyalahi ketentuan atau tidak, " tutur Ketua Umum APJII. Semmy Pengerapan.

" Karena, nyaris beberapa besar ISP memakai skema usaha yang sama, " paparnya waktu didapati di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Didapati di kesempatan yang sama, Ketua Umum Pandi Andi Budimansyah menyampaikan, bila MA keluarkan fatwa bahwa ketentuan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada masalah Dirut IM2 itu berlaku sama untuk seluruhnya penyedia service ISP, jadi mereka bakal sangat terpaksa hentikan service internetnya.

" Imbasnya, seputar 71 juta pemakai internet di Indonesia terancam tidak bisa akses internet, dengan kata lain mati keseluruhan, " tutur Andi.

" Kita bakal kembali lagi ke zaman th. 1995 saat sebelum ada internet di Indonesia, " paparnya.


EmoticonEmoticon