Jumat, 26 September 2014

Facebook Ciptakan Drone Sebesar Pesawat Jumbo Jet

Facebook Ciptakan Drone Sebesar Pesawat Jumbo Jet

Facebook Ciptakan Drone Sebesar Pesawat Jumbo Jet - Facebook diberitakan bakal sediakan akses internet nirkabel di beberapa daerah terpencil. Langkahnya dengan memakai drone atau pesawat tanpa ada awak yang gunakan tenaga cahaya matahari.

Pimpinan di proyek itu memberi kenyataan yang cukup mencengangkan. Seperti detikINET kutip The Verge, Jumat (26/9/2014), size(ukuran) drone itu bakal sama juga dengan pesawat jumbo jet Boeing 747. Drone itu juga beritanya dapat terbang sepanjang setahun nonstop.

" Untuk dapat menerbangkan pesawat tanpa ada awak ini sepanjang satu tahun nonstop, pesawat itu mesti terbang diatas cuaca, juga diatas jalur penerbangan lain, " tutur Yael Maguire, Engineering Director di Facebook Connectivity Lab.

Maguire juga memperbandingkan drone itu dengan mobil Toyota Prius. Ia menyampaikan bahwa dimensi drone itu bakal setara dengan 6 atau 7 buah Toyota Prius, tapi beratnya tidak lebih tinggi dari empat buah ban mobil.

Masih tetap menurut Maguire, mereka bakal mulai menguji drone itu pada th. 2015 di Amerika Serikat. Setelah itu drone itu bakal beroperasi di beberapa negara yang terdapat di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia.

Pada awal mulanya Google sempat juga punya proyek sama yang bernama Project Loon. Bedanya, Google memakai balon hawa juga sebagai alat transportasinya. Namun sampai waktu ini belum ada perubahan selanjutnya tentang Project Loon.


EmoticonEmoticon