Jumat, 18 Juli 2014

Malaysia Airlines MH17 Terbang 33.000 Kaki, Kok Terjangkau Rudal?

Tags

Malaysia Airlines MH17

Malaysia Airlines MH17 Terbang 33.000 Kaki, Kok Terjangkau Rudal ? - Pesawat Malaysia Airlines No. Penerbangan MH17 yang ditembak jatuh rudal di lokasi udara Ukraina disangka terbang di lokasi udara yang ditutup. Otoritas pengendali udara Pan Eropa, Eurocontrol, menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) itu sebelum saat penerbangan MH17.

Menurut Airliners. net, Eurocontrol sudah menerbitkan NOTAM, sejenis pemberitahuan yang diterbitkan oleh otoritas penerbangan pada pilot perihal potensi bahaya satu penerbangan yang bakal dilaluinya, dapat cuaca, abu vulkanik, atau termasuk zona larangan terbang.

Dalam NOTAM yang launching pada 17 Juli 2014 jam 00. 00 GMT, Eurocontrol menyebutkan bahwasanya berlangsung tindakan peperangan lokasi udara perbatasan Ukraina serta Federasi Rusia. Sesaat itu, penerbangan MH17 berangkat seputar jam 10. 00 GMT dari Bandara Schiphol, Amsterdam.

Di lokasi udara itu berlangsung tindakan penembakan dari lokasi Ukraina ke lokasi Rusia. Untuk meyakinkan keselamatan penerbangan, wilayah udara itu ditutup sampai ketinggian 32. 000 kaki.

Tetapi diambil dari Flightglobal, otoritas Eurocontrol menyampaikan bahwasanya MH17 terbang di lokasi yang terlarang tetapi diatas ketinggian yang diputuskan.

" Rute ketinggian yang dilalui MH17 memanglah bisa dilalui, " jelas Eurocontrol.

Dalam NOTAM-nya, Eurocontrol memanglah mengambil keputusan lokasi udara Ukraina itu tertutup sampai ketinggian 32. 000 kaki saja, sesaat MH17 terbang di ketinggian 33. 000 kaki (lebih tinggi 1. 000 kaki).

Tetapi, diambil dari Dailymail, system misil BUK yang disangka menghancurkan MH17 nyatanya mempunyai jangkauan tembak sampai ketinggian 75. 000 kaki.

Atas basic inilah, Eurocontrol lalu mengambil keputusan untuk betul-betul tutup lokasi udara Ukraina. " Seluruhnya flight plan yang di isi memakai rute itu sekarang ini kami tolak, " sekian pernyataan Eurocontrol. " Rute itu bakal ditutup sampai peberitahuan selanjutnya, " tambah mereka.

Eurocontrol juga memasukkan daftar airways serta waypoint yg tidak bisa dilintasi dalam NOTAM itu. Seperti airways L980 serta A87, jalur udara yang dipercaya dilalui oleh MH17 sebentar sebelum saat hilang kontak.

Penerbangan MH17 berhenti waktu melewati waypoint GANRA (N48°26'43. 00 " E037°11'13. 00 ") serta waypoint TAMAK (N47°51'24. 00 " E039°13'06. 00 ") yang ada di samping timur perbatasan Ukraina dengan Rusia.

Menurut data dari Flightradar 24, penerbangan MH17 selesai diantara ke-2 waypoint tersebut di lokasi Snizhne, Ukraina, pada 17 Juli 2014 jam 13. 21 GMT, di ketinggian 33. 000 kaki dalam kecepatan 490 knot.

Jejak penerbangan MH17 pada 17 Juli 2014 dapat dipandang lewat website Flightradar 24 dengan berkunjung sini


NOTAM yang dikeluarkan Eurocontrol pada 17 Juli 2014, 00.00 GMT adalah sebagai berikut ini :
URRV V6158/14 17JUL0000-31AUG2359

Q) URRV/QARLC/IV/NBO/E/000/530/4818N04023E095
A) URRV B) 1407170000 C) 1408312359 EST

E) DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FIRING FROM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:

A100 MIMRA - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B145 KANON - ASMIL,
G247 MIMRA - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
A87 TAMAK - SARNA,
A102 PENEG - NALEM,
A225 GUKOL - ODETA,
A712 TAMAK - SAMBEK NDB (SB),
B493 FASAD - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B947 TAMAK - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
G118 LATRI - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
G534 MIMRA - TOROS,
G904 FASAD - SUTAG,
R114 BAGAYEVSKIY NDB (BA)-NALEM.
SFC - FL320.


EmoticonEmoticon