Jumat, 11 Juli 2014

Balon Udara Telah Melintasi Indonesia

Balon Udara Telah Melintasi Indonesia (project loon)
Balon Udara Telah Melintasi Indonesia - Balon udara Google yang dipakai dalam proyek " Project Loon " pagi ini terbang di lokasi udara Indonesia. Lintasan balon udara Google itu dapat dipandang lewat aplikasi Flightradar 24.

Pada Jumat (11/7/2014), seputar jam 09. 30 pagi, aplikasi Flightradar 24 mendeteksi balon Google yang terbang di samping ujung selatan Pulau Sumatera, diatas ruang seputar Bandar Lampung. Balon itu terbang bergerak ke arah timur.

Dari data yang dipertunjukkan oleh Flightradar 24, balon udara Google itu terbang di ketinggian 60 ribu kaki (18 ribu mtr.), dengan kecepatan rata-rata seputar 10 knots. Ketinggian jelajah balon itu di pastikan tak lagi mengganggu lalu-lintas udara, karena ketinggian jelajah maksimum pesawat udara komersil umumnya di rentang 35 ribu sampai 40 ribu kaki (10 ribu mtr.).

Aplikasi Flightradar 24 sendiri sekarang ini ada di Google Play Store serta Apple App Store, serta dapat dipasang di piranti Android serta iOS.

Project Loon yaitu satu diantara proyek Google untuk mendatangkan jaringan internet di tempat yang terpencil dengan wahana balon yang bertindak seperti satelit. Balon ini terbang dengan memakai tenaga surya.

Project Loon bakal memperluas cakupan jaringan internet dunia dengan bikin jaringan Wi-Fi di udara memakai balon. Proyek ini diinginkan dapat berikan akses internet untuk orang-orang di daerah-daerah terpencil yang susah dijangkau infrastruktur tradisional.

Balon udara Google yang dipakai dalam Project Loon sudah mengawali pengujiannya dari Juni 2013 lalu. Waktu itu ada seputar 30 balon yang di luncurkan dari New Zealand serta pancarkan tanda internet ke beberapa tester.

" Dari meluncurkan Project Loon di Selandia Baru th. lalu, kami selalu lakukan uji terbang untuk meningkatkan tehnologi, " catat Google dalam suatu pernyataan.

Yang akan datang, Project loon selalu di kembangkan lebih luas lagi dengan maksud akhir membuat " cincin " yang memutari bumi, hingga koneksi internet yang di terima di darat tak terputus.

Tetapi, lantaran minimnya info, tidak kebanyakan orang tahu apakah itu Project Loon, hingga malah jadi menyebabkan kepanikan. Seperti yang berlangsung pada Juni 2014 lalu di New Zealand, waktu balon udara Google ditarik ke daratan serta bikin panik warga seputar.


EmoticonEmoticon