Minggu, 13 Juli 2014

Alcatel-Lucent Tingkatkan Kecepatan Internet 10Gbps

Alcatel-Lucent

Alcatel-Lucent Tingkatkan Kecepatan Internet 10Gbps - Raksasa telekomunikasi Alcatel-Lucent membuka kecepatan internet tingkat tinggi memakai kabel telefon tembaga. Diberi nama tehnologi XG-FAST, perusahaan bisa sediakan kecepatan ultra-broadband sampai 10Gbps.

Ditulis Ispreview, Rabu (9/7/2014), prototipe XG-FAST tunjukkan bagaimana jaringan akses tembaga dapat sediakan akses internet berkecepatan tinggi. XG-FAST adalah perluasan dari G. fast atau FTTC2. G. fast sediakan kecepatan 1Gbps (Gigabits per detik) atau 1000Mbps.

Beritanya, tehnologi itu tak jauh tidak sama dengan service kabel optik Fibre-to-the-Home (FTTH). Sekarang ini, FTTC di Inggris berikan kecepatan sampai 80Mbps. FTTC digunakan untuk menukar kabel tembaga tradisional.

Kabel tembaga teranyar yang beroperasi ke dalam rumah menggunakan tehnologi VDSL2, sama ADSL tetapi lebih cepat pada jarak dekat. Pengembangan terbaru sangat mungkin divisi penelitian Bell Labs bikin inovasi pembaruan dari tehnologi G. fast.

Tehnologi G. fast didesain untuk mempunyai kelebihan lebih yang bisa beroperasi pada kecepatan sampai 1Gbps, memakai frekuensi 106MHz+ dan kabel tembaga selama 250 mtr..

Alcatel-Lucent meningkatkan tehnologi lebih mutakhir dari G. fast lewat XG-FAST. Tehnologi jaringan ini tetap memakai kabel telekomunikasi tembaga, yang diklaim lebih murah dibanding jalan keluar kabel fiber optik.

Bell Labs memperoleh kecepatan 1Gbps dengan memakai sepasang kabel tembaga tunggal selama 70 mtr.. Kecepatan paling tinggi 10Gbps didapat waktu menggunakan dua gunakan kabel tembaga selama 30 mtr..


EmoticonEmoticon