Jumat, 30 Mei 2014

Mengenal Komputer Bagian I


Mengenal Komputer Bagian I
Komputer Saat ini

Perkembangan Komputer
    Awalnya komputer digunakan hanya sebagai alat untuk memproses data dan digunakan hanya di perusahan-perusahaan saja. Sampai dengan saat ini komputer terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan tekhnologi yang terus semakin canggih.

    Dengan perkembangan tehnologi, komputer terus dikembangkan sampai dengan yang kita lihat saat ini. Komputer telah menjadi sesuatu yang sangat umum bagi semua orang di dunia. Dari orang dewasa sampai anak-anak telah menggunakan komputer untuk kebutuhannya masing-masing. 

    Tidak lagi hanya sebagai alat untuk memproses data saja, saat ini komputer telah difungsikan hampir untuk semua kebutuhan kegiatan kerja dan keseharian. Komputer saat ini bisa digunakan untuk membuat laporan kerja di kantor, untuk hiburan seperti main game, menonton film, mendengarkan musik, melakukan kegiatan sosial melalui internet, mendesain mengedit gambar, musik dan video serta hal-hal lainnya.

    Bagian Penting dari Komputer

    Komputer terdiri dari 2 bagian penting, yaitu Hardware dan Software. Untuk mengenal komputer kita harus mengetahui kedua bagian penting ini, karena kedua bagian ini sangat saling berhubungan.
    • Hardware atau Perangkat Keras
    Bagian ini dapat dikatakan sebagai alat-alat atau mesin-mesin yang ada dikomputer. Hardware bersifat benda dan memiliki bentuk, dapat di lihat dan di sentuh. Sebagai contoh untuk hardware komputer yang umum dan mudah kita kenal misalnya : Layar komputer, mouse, keyboard. 
    • Software atau Perangkat Lunak
    Software atau Perangkat Lunak merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan serta ditata oleh Komputer. Data elektronik yang disimpan oleh Komputer tersebut  berbentuk program atau instruksi yang dapat menggerakkan satu perintah dan secara umum Software mempunyai fungsi untuk mengaktifkan Hardware.  Secara fisik software tidak berwujud benda. Oleh karenanya tdk dapat kita sentuh dan tdk dapat kita pegang.  Sebagai contoh : Disaat kita ingin mendengarkan musik di komputer, kita memerlukan "Software Pemutar Musik" di Komputer kita misalnya : Winamp atau Media Music Player.
    Artikel Bersambung ke Bagian II  >>>


    EmoticonEmoticon