Kamis, 01 Mei 2014

Mengapa Internet Di Indonesia Lelet?

internet leletPengembangan jaringan telekomunikasi kanal lebar berbasis kabel serat optik sudah dicanangkan dari 1996 lewat Program Nusantara 21. Tetapi, program itu berhenti sebelum saat masuk era ke-21.

Kebijakan yang tidak berkelanjutan ini mengakibatkan Indonesia saat ini tertinggal dalam service telekomunikasi di lokasi ASEAN dan tetap hadapi persoalan kesenjangan service info serta komunikasi.

Menurut Setyanto P Santosa, Ketua Umum Orang-orang Telekomunikasi Indonesia, posisi negara ini alami penurunan dari posisi pertama pada masa 1970 sampai 1980-an jadi dibawah empat negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, serta Filipina.

Dalam jumpa pers awal minggu ini perihal gagasan penyelenggaraan ASEAN Chief Information Officer Komunitas II yang bakal diadakan di Jakarta pada Juni yang akan datang, Setyanto menyampaikan, dalam penyediaan service telekomunikasi, Indonesia memercayakan jaringan nirkabel, yakni system seluler serta satelit. Walau sebenarnya, type prasarana telekomunikasi ini lebih rendah dalam hal mutu serta kecepatan penyampaian tanda dibanding sambungan kabel serat optik.

Jaringan telekomunikasi di Indonesia, tutur bekas Direktur Utama PT Telkom Indonesia itu, 95 % berbentuk telekomunikasi nirkabel menggunakan mutu sambungan yang jelek.

”Dengan fasilitas ini, komunikasi nada saja jelek, terlebih data, gambar, serta video, ” tutur Setyanto.

Semestinya, menurut dia, Indonesia ikuti trend pengembangan telekomunikasi yang berlangsung didunia. Service telekomunikasi di negara maju, 60 % memakai kabel serat optik. Tehnologi itu mempunyai sebagian keunggulan, diantaranya bebas masalah, berkecepatan tinggi, serta berkapasitas tinggi.

Persoalan service telekomunikasi ini bakal jadi satu diantara bahasan dalam komunitas itu. Diluar itu, akan dibicarakan perihal aplikasi satu system operasi (basis) yang bakal digunakan di lokasi ASEAN.

Dalam hal semacam ini bakal dibicarakan kembali program ASEAN Go Open Source, yang sempat dicanangkan satu tahun lebih lalu, kata Kepala Pusat Tehnologi Info serta Komunikasi Tubuh Pengkajian serta Aplikasi Tehnologi Hammam Riza.

Cara mempercepat internet klik


EmoticonEmoticon