Jumat, 16 Mei 2014

Google Uji Mobil Tanpa Sopir di Jalan Raya

Google Uji Mobil Tanpa Sopir di Jalan Raya- Tehnologi mobil yang jalan dengan cara automatis tiada sopir hasil pengembangan Google memanglah tak lagi ada kurun waktu dekat. Walau demikian, perusahaan dunia maya itu telah mulai menguji mobil tersebut di jalan raya, serta nampaknya bikin pemakai jalan raya lain terasa nyaman.

Eksperimen mobil tiada sopir ini dikerjakan Google di jalan raya seputar Mountain View, California, Amerika Serikat (AS), serta mengundang beberapa jurnalis setempat, Selasa (13/5/2014).

Sepanjang 30 menit, mobil itu jalan dengan cara automatis serta dapat menavigasi dengan cara aman di jalan raya yang juga dipakai oleh ingindara sepeda serta pejalan kaki. Mobil itu juga dapat mematuhi rambu jalan raya.

" Orang-orang butuh mengerti bahwasanya mobil tiada sopir ini bukan hanya suatu hal yang butuh ditakuti, namun suatu hal yang diperlukan serta dirangkul pada hari esok, " kata Ron Medford yang menjabat untuk direktur keselamatan diri di Google.

Orang yang duduk didalam mobil Google sekian kali melambaikan tangannya ke atas untuk menunjukkan ke jurnalis serta orang-orang bahwasanya mobil ini jalan automatis.

Menurut laporan Alexei Oreskovic dari Reuters, perjalanan menggunakan mobil tiada sopir ini jadi seperti menaiki taksi. Laju kecepatannya normal, menggunakan kekuatan menjaga jarak dari kendaraan yang ada di depan serta sekitarnya.

Google Uji Mobil Tanpa Sopir di Jalan Raya
Mobil bakal melambat setiap saat temukan lampu jalan raya. Juga mobil itu bisa mendeteksi lampu jalan raya yang dipasang menggunakan pojok aneh, umpamanya posisi serong dari pandangan pengemudi.

Diakui oleh jurnalis Reuters, bahwasanya untuk beralih jalur kadang-kadang laju mobil jadi lebih tajam dari mobil menggunakan sopir biasanya.

Beberapa karyawan Google di kursi sopir tak sempat menggantikan kemudi, terkecuali waktu mobil baru mulai digerakkan maupun parkir.

Kepala proyek mobil tiada sopir di Google, Chris Urmson, mengklaim, tehnologi mobil ini tak mengetahui kantuk serta bisa bereaksi lebih cepat pada kondisi yang tidak terduga.

Purwarupa mobil tiada sopir yang dipakai saat ini yaitu mobil merk Lexus RX 450h yang sudah dimodifikasi oleh Google. Tak hanya global positioning sistem (GPS), mereka memberikan beberapa sensor yang berputar 10 kali per detik untuk menghimpun panorama 360 derajat di lingkungan seputar mobil.

Mobil ini adalah proyek rahasia Google X yang di kembangkan dalam lima th. paling akhir. Dua pendiri Google, Larry Page serta Sergey Brin, mengharapkan tehnologi ini dapat kurangi kecelakaan serta kematian di jalan raya.

Brin membidik tehnologi mobil tiada sopir buatan Google bakal ada pada 2017.

Meski sekian, tetap ada kecemasan di dalam orang-orang atas tehnologi itu. Di Amerika Serikat, belum ada regulasi yang mengatur pemakaian mobil tiada sopir di jalan raya.

Proyek-proyek ambisius Google akhir-akhir ini mengundang beberapa pro-kontra. Kacamata pandai Google Glass, misalnya, yang menggunakan monitor seukuran perangko di bingkainya serta dapat merekam video, sudah menyebabkan kecemasan pelanggaran privacy.

Pemakai Google Glass yang mengemudikan kendaraan sempat juga ditilang di San Diego, California, AS. Polisi jalan raya menilai piranti itu untuk monitor yang menghambat pandangan serta dapat mengganggu konsentrasi pengemudi serta menganggu kenyamanan pemakai jalan raya yang lain.


EmoticonEmoticon