Selasa, 01 April 2014

Tips Agar Terhindar Dari Penyadapan

Tips Agar Terhindar Dari Penyadapan - Kepala Balai Ipteknet Badan Pengkajian serta Penerapan Teknologi (BPPT), Irwan Rawal Husdi, mengungkap beberapa langkah untuk hindari penyadapan.

Pertama, kata Irwan, bersihkan lingkungan dalam rumah serta tempat bekerja dengan cara teratur dari benda-benda yang dicurigai untuk alat penyadap. " Intinya, penelusuran masalah keamanan fisik, " kata Irwan waktu dihubungi Tempo, Jumat, 21 Februari 2014.

Irwan menjelaskan hal itu umumnya telah jadi prosedur terus pengamanan tempat tinggal seseorang pemimpin. Alat sadap, kata dia, umumnya memiliki ukuran kecil, umpamanya berbentuk mikrofon mini yang juga berperan untuk pemancar.


Misalnya, seperti yang ditemukan dirumah dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Jalan Taman Suropati. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Tubagus Hasanuddin, menyampaikan alat itu memiliki ukuran mini. Penyadap itu dapat menangkap semua kesibukan nada dalam radius spesifik.

Langkah ke-2, kata Irwan, yaitu memakai klasifikasi sandi digital. Data di beri penambahan kode algoritma enkripsi sebelum saat pesan diantar. Sistem ini bisa menyulitkan penyadap lantaran dibutuhkan kode untuk membuat kembali data yang sudah diacak.

Walau agak rumit, Irwan menyampaikan cara itu dapat mengaburkan enkripsi yang awal mulanya bisa dengan gampang di ketahui penyadap. " Bila kodenya tidak teratasi, data aman, " kata dia.


EmoticonEmoticon