Senin, 24 Februari 2014

WhatsApp Sempat Mati Beberapa Jam

Layanan pesan instan WhatsApp pernah alami persoalan pada hari Minggu (23/2/2014) awal hari. Beberapa pemakai WhatsApp mengeluhkan tak bisa kirim serta terima pesan dari Minggu jam 02. 00 WIB.

Tidak cuma di Indonesia, pemakai di beberapa negara juga alami hal sama. Service WhatsApp alami persoalan lebih kurang sepanjang 4 jam pada hari itu.

Pihak WhatsApp sendiri telah mengaku ada persoalan dalam service punya mereka ini. CEO WhatsApp, Jan Koum, sendiri yang maju berikan penjelasan.

whatsapp" Ini sudah jadi persoalan terpanjang serta paling besar dalam satu tahun lebih belakang serta merubah seluruhnya pemakai kami, " catat Koum dalam e-mail ke website tehnologi The Verge.

Menurut Koum, sebagai pemicu matinya service mereka yaitu lantaran router jaringan yang alami rusaknya. Persoalan itu bikin pemakai tak dapat terhubung server-server punya WhatsApp.

Waktu ini, WhatsApp mempunyai 600 server untuk melayani pengiriman sampai 50 miliar pesan /hari yang di kirim serta di terima oleh 450 juta pemakainya.

Penjelasan detil dari persoalan itu tak disibak oleh Kuom. Tetapi, ia berjanji bakal ambil langkah pencegahan supaya persoalan yang sama tak terulang kembali.

Matinya service WhatsApp dijelaskan tak ada hubungan dengan kabar berita besar-besaran atas pembelian perusahaan oleh Facebook.

Seperti di ketahui, perusahaan aplikasi WhatsApp sudah dibeli oleh Facebook sejumlah 19 miliar dollar AS (seputar Rp 223 triliun). Akuisisi dengan nilai yang fantastis ini diumumkan pada Kamis (20/2/2014).


EmoticonEmoticon