Jumat, 21 Februari 2014

Telkomsel dan Indosat Terancam Ditutup

Telkomsel dan Indosat Terancam Ditutup - Tubuh intelijen asing, National Security Agency (NSA) serta Australian Signals Directorate (ASD), dilaporkan lakukan penyadapan pada dua operator telekomunikasi Indonesia yakni Indosat serta Telkomsel.

Menyikapi tudingan Snowden pada Indosat serta Telkomsel, Menteri Komunikasi serta Informatika (Kominfo) Tifatul Sembiring menyampaikan, bila dapat dibuktikan menolong penyadapan, usaha ke-2 operator itu terancam ditutup.

Tetapi sekian, kata politikus PKS itu, waktu ini belum ada laporan keterlibatan Indosat serta Telkomsel dalam penyadapan. Pihaknya tetap menanti laporan dari Kementerian Luar Negeri sebagai leading sector dalam masalah penyadapan oleh tubuh intelijen asing.

telkomsel
 " Bila operator dapat dibuktikan menyalahgunakan (menyadap), maka mereka (operator) dapat ditutup, " ungkap Tifatul di sela-sela acara Seminar Satu hari Internasional Pemakaian Media Digital di Kalangam Anak serta Remaja, di Jakarta, Selasa (18/2/2014).
Tetapi, Tifatul tidak menyanggah bahwasanya tindakan penyadapan bukan hanya lagi berita baru. Beberapa negara lain seperti China sering diberitakan lakukan penyadapan serta jadi korban penyadapan.

Ini dapat bukan hanya kali pertama Australia terlibat gosip penyadapan pada operator telekomunikasi Tanah Air. Pada November 2013, Tifatul menerbitkan instruksi pada semua operator untuk lakukan investigasi berkenaan masalah penyadapan yang dikerjakan Australia, satu diantaranya pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

indosat

Namun untuk masalah itu, kata Tifatul, tidak ada keterlibatan operator telekomunikasi. " Masalah pada mulanya tak ada keterlibatan. Serta untuk Indosat serta Telkomsel ini belum di ketahui adakah kesengajaan mengungkapkan info atau tak, " sambungnya.

Seperti di ketahui, AS serta Australia dilaporkan sharing akses untuk perusahaan telekomunikasi Indonesia. NSA diberitakan berikan akses untuk mengambil data dari Indosat. Sedang ASD mempunyai 1, 8 juta kode enkripsi dari Telkomsel.


EmoticonEmoticon