Jumat, 17 Januari 2014

Pengertian Internet Dan Sejarah Internet

Pengertian Internet Dan Sejarah Internet - Internet (kependekan dari interconnection-networking) yaitu semua jaringan computer yang sama-sama terhubung memakai standard system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pemakai di semua dunia. Rangkaian internet yang paling besar diberi nama Internet. Langkah menghubungkan rangkaian dengan aturan ini diberi nama internetworking (" antarjaringan ").


Pengertian Internet Dan Sejarah Internet


Sejarah Internet.
Internet adalah jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada th. 1969, lewat proyek ARPA yang dimaksud ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware serta software computer yang berbasis UNIX, kita dapat lakukan komunikasi dalam jarak yg tidak terhingga lewat saluran telephone.

Proyek ARPANET membuat wujud jaringan, kehandalan, seberapa besar info bisa dipindahkan, serta pada akhirnya seluruhnya standard yang mereka tetapkan jadi cikal akan pembangunan protokol baru yang saat ini di kenal untuk TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Maksud awal dibangunnya proyek itu yaitu untuk kepentingan militer. Pada waktu itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) bikin system jaringan computer yang menyebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk menangani persoalan apabila berlangsung serangan nuklir serta untuk hindari terjadinya info terpusat, yang jika berlangsung perang bisa gampang dihancurkan.

Pada awalnya ARPANET cuma menghubungkan 4 website saja yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membuat satu jaringan terpadu pada th. 1969, serta dengan cara umum ARPANET dikenalkan pada bln. Oktober 1972. Selang beberapa saat proyek ini berkembang cepat di semua daerah, serta seluruhnya kampus di negara itu mau berhimpun, hingga bikin ARPANET kesusahan untuk mengaturnya.

Oleh karenanya ARPANET dipecah manjadi dua, yakni " MILNET " untuk kepentingan militer serta " ARPANET " baru yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer seperti, universitas-universitas. Paduan ke-2 jaringan pada akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang lalu disederhanakan jadi Internet.


EmoticonEmoticon